10 Manfaat Olahraga Lari Pagi

Alasan ilmiah mengapa olahraga lari bisa membuat kita sehat   :

Para peneliti telah mendeklarasikan, olahraga lari adalah salah satu cara untuk tetap awet muda. “Dan dari berbagai olahraga kardio yang ada, olahraga lari telah dinobatkan sebagai olahraga yang dapat membuat tubuh prima serta tetap awet muda,” papar JoAnn Manson, MD., kepala di divisi pencegahan pada rumah sakit Brigham and Women’s.
Berikut 10 paparan ilmiah yang mengungkapkan mengapa olahraga lari bisa mempertahankan kemudaan kita   :

1.Menajamkan Mata  :

Orang yang berlari 56 Km dalam seminggu, cenderung berhasil menekan risiko terganggunya penglihatan mata karena faktor usia hingga 54 persen, jika dibandingkan dengan mereka yang berlari hanya 16 Km per minggu.

2.Menjaga Kesehatan Jantung  :

Pelari yang dengan konstan berlari sejauh 16 Km dalam seminggu akan 39 persen lebih jarang mengalami gangguan tekanan darah. Plus mereka juga akan jarang menumpuk kolesterol dalam pembuluh darahnya hingga 34 persen.

3.Mendongkrak Gairah  :

Pelari pria yang membakar sebanyak 3.000 kalori per minggu dari aktivitas berlari selama 5 jam, akan menjauhkan dirinya dari disfungsi ereksi hingga 83 persen.

4.Menguatkan Tulang  :

Masa tulang para pelari ternyata lebih baik dari atlet aerobik lainnya, demikian diungkapkan oleh University of Missouri. Para peneliti membandingkan kepadatan tulang para pelari dengan pesepeda. Ada sebanyak 63 persen pesepeda yang memiliki masa tulang yang jelek, sedangkan pelari hanya 19 persen.

5.Lancar Berfikir  :

Sebuah penelitian yang dilakukan kepada para pekerja di Inggris mengungkapkan, rutin berlari membuat mereka jarang melakukan kesalahan dalam pekerjaan, memiliki konsentrasi yang baik, dan lebih produkif dibanding yang lari hanya sesekali.

6.Terbebas dari Dimensia  :

Journal of American Geriatrics Society melaporkan, perempuan yang dari remaja sudah rajin olahraga lari, di usia senjanya jarang yang mengalami kepikunan.

7.Tidur Lebih Lelap  :

Para insomnia yang diminta untuk berlari, ternyata berhasil mempercepat waktu tidurnya hingga 17 menit dibanding saat mereka tidak berlari. Plus mereka tidur lebih lelap, bahkan sehari setelah berlari.

8.Jarang Terkena Flu  :
Pelari yang berlari sejam setiap harinya, akan berhasil menjauh dari serangan virus flu hingga 18 persen dibanding yang tidak berlari. Ini didapat dari penelitian yang dilakukan di Swedia.

9.Bernafas Lebih Lega  :

Penelitian yang dilakukan kepada pengidap asma yang diminta untuk melakukan olahraga lari dan olahraga kekuatan dalam seminggu secara bergantian, setelah 3 bulan, berhasil mengurangi serangan asmanya. Para responden mengaku bernapas lebih lega dan imun tubuh lebih kuat.

10.Panjang Umur  :

Sebuah pengamatan terhadap 22 studi mengungkapkan, orang yang berlari 2,5 jam dalam seminggu akan menekan risiko meninggal dalam usia muda hingga 19 persen. Sedangkan penelitian lain mengungkapkan, orang yang aktif berolahraga akan menekan risiko meninggal dalam usia muda hingga 50 persen.

Mari jangan hanya berdecak ketika melihat daftar penelitian di atas, mulai masukkan olahraga lari sebagai salah satu pilihan kardio kita. Olahraga murah meriah ini juga akan lebih menyenangkan jika kita lakukan sambil mendengarkan lagu-lagu kesukaan. Bonus tambahannya, penelitian membuktikan, berolahraga sambil mendengarkan musik akan menajamkan kerja otak.

About these ads

Perihal Sang Pencerah Jiwa
lagi belajar cara hosting yang seru...

37 Responses to 10 Manfaat Olahraga Lari Pagi

  1. Jody mengatakan:

    Siip

  2. bensukadijana mengatakan:

    hhe he kawin lari

  3. ady sulaiman mengatakan:

    bener juga lari pagi sambil dengerin musik, kayaknya seru tuh.,,,, hehe

  4. diyaz mengatakan:

    saya terkena penyakit sinusitis, jd ribet tiap hari kalo kdinginan pasti kambuh flu gak brhenti2, tp semenjak sering olahraga lari, n sering mengangkat beban berat, skarng penyakit saya jarang kambuh, tambh lg badan jd fit, untk menjalankan aktifitas

  5. meutuah mengatakan:

    wah……….makasih banyak ya ats infonya nya,,, jadi tau nech,, moga bermamfaat bagi semua…

  6. Baju Bali mengatakan:

    Terimakasih info yang sangat bermanfaat sekali
    salam,

  7. sriharry mengatakan:

    Saya lari pagi udah 11 th. umur saya 55 th. Banyak manfaat yg saya dapat : badan fit, tekanan darah normal, dan merasa lebih ringan kalau berjalan. Terima kasih ditambah 10 manfaat lagi. Kalo bisa ditambah makanan yang menunjang olah raga ini. Terus karena hampir setiap hari lari 7-8 km, saya ikutan lomba 10 K pd hari ulang tahun DKI 3 kali ber-turut2 pd umur saya 50,51,52 th dan saya sampai di finis. Catatan waktu terbaik saya 58 menit. Terima kasih salam.

  8. Ir_0ne mengatakan:

    Saya pengidap penyakit asma,3x seminggu saya menjadikan tubuh hangat dengan berlari.alhasil beberapa bulan kemudian asma saya sembuh.
    Tp ingat,jauhi makanan yang berbau kimia.

  9. anisa mengatakan:

    makasih info nya…saya akan rajin lari pagi

  10. ismail mengatakan:

    “mkch tas info x
    kU pyA pertanyaan nch :
    Mengapa setelah Lari sore saya langsung muntah ???

  11. tips kesehatan mengatakan:

    setelah tau manfaatnya ,saya jadi semangat untuk lari pagi

  12. Maya mengatakan:

    jadi semangat lari setiap pagi, setelah tau manfaatnya .

  13. Muhammad Ikhwan mengatakan:

    Mksh bnget buat infonya..

  14. putra rimba mengatakan:

    Saya cuma jogging pagi cuma 1,5 jam dalam satu minggu…apakah cukup atau kurang…?

  15. udin sumnda mengatakan:

    saya msih bingung masalah tip yang sepuluh kenapa lari bisa memanjang kan umur,,,

  16. Antok bodak mengatakan:

    Apa nie udah termasuk lari sore dan pagi x. Info x mantep dan lengkap.

  17. randi perdiana mengatakan:

    umur saya 19 tahun, lari 10 km sminggu 5 kali, berat badan saya 50 kg, tinggi saya 157, gimana ya?
    trus kalo lari sambil bermusik yang saya rasakan ribet hehehehehehehehehehehehe

  18. trima kasih infonya… akhir2 ini aku jarang lari pagi, cz telat bangun,,, hehehe ^_^

  19. widya mengatakan:

    setelh lari pagi badan jd segar and fit bangt tp capek scih,…hehehehe

  20. ekosaphuan mengatakan:

    Lari Pagi sangat nikmat, udara masih bersih, manfaatnya luar biasa, murah sekali, hanya butuh sepatu lari, apalagi daerah saya berbukit, mantap. ayo kawan kampanyekan olahraga lari bagi semua teman.

  21. Lutfi Ramadhani mengatakan:

    Enjoy the little things…

  22. Anto mengatakan:

    Mantap….

  23. agus mengatakan:

    saya sudah lebih dari 3 bulan lari pagi jm 9 dan sore jam 6,,,,hasilnya bisa saya rasakan saya tdk mdh terserang penyakit,,,,

  24. Cahya Princess mengatakan:

    ^ia mksh y tas infoNya,,
    sekarang tubuh saya menjadi Fit,,
    and Gak gampang letih..^

  25. junando mengatakan:

    banyak manfaat nya……dh terbukti GAN….

  26. suratman mengatakan:

    Sungguh luar biasa , ini sudah rasakan betul manaatnya , selamat melaksanakan bagi yang belum

  27. Ping-balik: Lari Pagi | Activities FATXXXIII

  28. Ping-balik: 10 manfaat olahraga lari pagi | nadatirtaa

  29. Lina mengatakan:

    lari pagi bisa tambah tinggi badan gak ?

  30. sevencovich mengatakan:

    terimaksh infonya gan,

  31. Ghalib mengatakan:

    Makasiiii dah naruk bloc, mungkin dengan kehadiran bloc ini bisa menambah semangat lari pagi saya

  32. Samantha mengatakan:

    Thank you so much for this. I’m a writer from Cannes, France and what you’ve said here
    on wordpress.com could not be written any better.
    Going through this information reminds me of my
    previous roomie, Samantha. He constantly kept preaching about this.

    I will definitely send these ideas to him. I’m certain he will have a good time reading this. I am thankful to you you for posting this.

  33. Noval mengatakan:

    mantap artikelnya
    saya biasanya lari2 dua kali seminggu, dan setelah lari2 biasanya badan menjadi lebih enteng dan kulit menjadi lebih bersih…

  34. Gorip mengatakan:

    Seminggu sekali cukup gak?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 334 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: