Cara Menjadi Pintar

Ya,walaupun saya sendiri tidak termasuk orang yang pintar,tapi disini ingin berbagi bagaimana cara menjadi pintar,langsung aja gan :

Belajar mendadak menjelang ujian memang tidak efektif. Paling nggak sebulan sebelum ulangan adalah masa ideal buat mengulang pelajaran. Materi yang banyak bukan masalah. Ada sepuluh cara pintar supaya waktu belajar kita menjadi efektif.
1. Belajar itu memahami bukan sekedar menghapal
Ya, fungsi utama kenapa kita harus belajar adalah memahami hal-hal baru. Kita boleh hapal 100% semua detail pelajaran, tapi yang lebih penting adalah apakah kita sudah mengerti betul dengan semua materi yang dihapal itu. Jadi sebelum menghapal, selalu usahakan untuk memahami dulu garis besar materi pelajaran.
2. Membaca adalah kunci belajar
Supaya kita bisa paham, minimal bacalah materi baru dua kali dalam sehari, yakni sebelum dan sesudah materi itu diterangkan oleh guru. Karena otak sudah mengolah materi tersebut sebanyak tiga kali jadi bisa dijamin bakal tersimpan cukup lama di otak kita.
3. Mencatat pokok-pokok pelajaran

Tinggalkan catatan pelajaran yang panjang. Ambil intisari atau kesimpulan dari setiap pelajaran yang sudah dibaca ulang. Kata-kata kunci inilah yang nanti berguna waktu kita mengulang pelajaran selama ujian.
4. Hapalkan kata-kata kunci
Kadang, mau tidak mau kita harus menghapal materi pelajaran yang lumayan banyak. Sebenarnya ini bisa disiasati. Buatlah kata-kata kunci dari setiap hapalan, supaya mudah diingat pada saat otak kita memanggilnya. Misal, kata kunci untuk nama-nama warna pelangi adalah MEJIKUHIBINIU, artinya merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila dan ungu.
5. Pilih waktu belajar yang tepat
Waktu belajar yang paling enak adalah pada saaat badan kita masih segar. Memang tidak semua orang punya waktu belajar enak yang sama lo. Tapi biasanya, pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berkonsentrasi penuh. Gunakan saat ini untuk mengolah materi-materi baru. Sisa-sisa energi bisa digunakan untuk mengulang pelajaran dan mengerjakan pekerjaan rumah.
6. Bangun suasana belajar yang nyaman
Banyak hal yang bisa buat suasana belajar menjadi nyaman. Kita bisa pilih lagu yang sesuai dengan mood kita. Tempat belajar juga bisa kita sesuaikan. Kalau sedang bosan di kamar bisa di teras atau di perpustakaan. Kuncinya jangan sampai aktivitas belajar kita mengganggu dan terganggu oleh pihak lain.
7. Bentuk Kelompok Belajar
Kalau lagi bosan belajar sendiri, bisa belajar bareng dengan teman. Tidak usah banyak-banyak karena tidak bakal efektif, maksimal lima orang. Buat pembagian materi untuk dipelajari masing-masing orang. Kemudian setiap orang secara bergilir menerangkan materi yang dikuasainya itu ke seluruh anggota lainnya. Suasana belajar seperti ini biasanya seru dan kita dijamin bakalan susah untuk mengantuk.
8. Latih sendiri kemampuan kita
Sebenarnya kita bisa melatih sendiri kemampuan otak kita. Pada setiap akhir bab pelajaran, biasanya selalu diberikan soal-soal latihan. Tanpa perlu menunggu instruksi dari guru, coba jawab semua pertanyaan tersebut dan periksa sejauh mana kemampuan kita. Kalau materi jawaban tidak ada di buku, cobalah tanya ke guru.
9. Kembangkan materi yang sudah dipelajari
Kalau kita sudah mengulang materi dan menjawab semua soal latihan, jangan langsung tutup buku. Cobalah kita berpikir kritis ala ilmuwan. Buatlah beberapa pertanyaan yang belum disertakan dalam soal latihan. Minta tolong guru untuk menjawabnya. Kalau belum puas, cari jawabannya pada buku referensi lain atau internet. Cara ini mengajak kita untuk selalu berpikir ke depan dan kritis.
10. Sediakan waktu untuk istirahat
Belajar boleh kencang, tapi jangan lupa untuk istirahat. Kalau di kelas, setiap jeda pelajaran gunakan untuk melemaskan badan dan pikiran. Setiap 30-45 menit waktu belajar kita di rumah selalu selingi dengan istirahat. Kalau pikiran sudah suntuk, percuma saja memaksakan diri. Setelah istirahat, badan menjadi segar dan otak pun siap menerima materi baru.
Satu lagi, tujuan dari ulangan dan ujian adalah mengukur sejauh mana kemampuan kita untuk memahami materi pelajaran di sekolah. Selain menjawab soal-soal latihan, ada cara lain untuk mengetes apakah kita sudah paham suatu materi atau belum. Coba kita jelaskan dengan kata-kata sendiri setiap materi yang sudah dipelajari. Kalau kita bisa menerangkan dengan jelas dan teratur – tak perlu detail – berarti kita sudah paham.
About these ads

Perihal Sang Pencerah Jiwa
lagi belajar cara hosting yang seru...

28 Responses to Cara Menjadi Pintar

  1. arif mengatakan:

    menarik sekali,tp tentu disesuaikan strateginya dgn perilaku, konbdisi, kebutuhan masing2 orang :)..salam

  2. Dharmawan mengatakan:

    terima kasih sekali sangat membantu sejak baca ini aku jadi rangking 1 dari 25 anak :)

  3. Sakanti anindyonari mengatakan:

    Mengapa kadang aku sitap hari malas belajar tolong punya tips yg lain

    • JOVANKA LAURA KAYA mengatakan:

      BETUL ITU, MENGAPA YA ?

    • Sang Pencerah Jiwa mengatakan:

      harus ada niat yang kuat :)

    • nadia aisya mengatakan:

      coba dong di coba supaya engak malas belaja r aku juga sih malas belajar tapi waktu liat tulisan ini aku jadi suka belajar
      \

    • charisma mengatakan:

      AMBILKAN LAH & kerjakan lah tindakan2 yg positif dalam kehidupan kita, ,dlam arti berfkir secara positif setiap hari,, & selalu bawakan kegembiraan dlam kehidupan anda,walaupun anda dlam keaadaan sedih ( Malas ) atau anda sedang mmpunyai sebuah masalah, , , jika anda mndapat masalah/ LGI MALAS jangan pernah anda merasa mendapatkanya, ,anggap saja keberuntungan/kegembiraan yg dtang pada diri anda,,karena misalkan anda memfokuskan anda mmpunyai masalah / bermalas-malasan bearti anda akan selalu berfikir negatif,,& otak anda akan membawa diri anda ke hal yg negatif pla.

  4. dessy mengatakan:

    mungkin juga harus ada niat yang kuat

  5. aldi mengatakan:

    harus2 pintar2……

  6. aldi mengatakan:

    wkwkwk cheat sep

  7. 1234 mengatakan:

    saya akan tunggu jawabanya?mulai dari sekarang

  8. 1234 mengatakan:

    yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

  9. affan ilham mengatakan:

    tapi jika tidak ada waktu untuk belajar

  10. afzal mengatakan:

    benar itu (^^^) [[kelelawar]]

  11. sarme mengatakan:

    kalo pkran qta tdk snggup\trbuka ada solusi lain gk ???

  12. nurlindah mengatakan:

    adakah cara untuk dapat mengulang materi yg telah di ajarkan

  13. nurlindah mengatakan:

    bagai manakah cara untuk dapat belajar dengan giat , serius ,fokus terhadap pelajaran , tdk malas ( aku tunggu jawaban kamu mulai dari sekarang )

  14. ISLAMB mengatakan:

    Sex bikin orang pintar, jangan dilupakan

    • FADHA mengatakan:

      wowwwwwwwwwwwwwwwwwwww keren q aja bisa juara dari rang 7 jadi rang 2 gara gara aq ikutin cara kamu dan belajar lebih giat

  15. sii emha luph luph de'baftre mengatakan:

    okk..
    akan aq coba tips.a ..
    thx :)

  16. Bendicta mengatakan:

    Wah! Bgs n mudah banget caranya…..jd semangat blajar aku kan sbntar lg ujian..ckckck amazing!

  17. Ayahrizma Astra mengatakan:

    mudah mudah..bermanfaat bagi semua>>>end i am

  18. shaffa mengatakan:

    q rang satu namaku nadira

  19. motivator indonesia mengatakan:

    kalau mau belajar harus banyak-banyak mengerjakan tugas dan banyak-banyak membaca buku

  20. X mengatakan:

    Buat sejarah.. Hmm kayaknya enggak bisa deh.. Ga ada tips yang mempan gitu ya.. Padahal udah belajar semalaman tetep aja dapet 3 , gimana ya tips nya?

  21. It’s perfect time to make some plans for the future and it’s time to
    be happy. I’ve read this submit and if I could I desire to counsel you few fascinating issues or suggestions. Perhaps you could write subsequent articles relating to this article. I desire to learn more things approximately it!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 335 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: