PROBLEM STATEMENT (contoh)

PROBLEM STATEMENT

Nama Proyek : Sistem Informasi Pendataan dan Pengelolaan Administrasi Santri
Nama Manajer Proyek :
Dibuat oleh :
Tanggal dibuat : 16 April 20xx
Versi : 1
1. Deskripsi Proyek
System administrasi merupakan sumber daya yang cukup penting bagi suatu instansi. Di Era Globalisasi ini, system administrasi merupakan kebutuhan yang sangat fundamental dan utama untuk bisa mendukung kegiatan dan aktivitas di berbagai instansi baik dunia perusahaan, dunia pendidikan (khususnya Sekolah dan Pondok Pesantren) ataupun yang lainnya. 

Pelaksanaan proyek ini diawali dengan mempelajari cara kerja sistem informasi yang ada di Sekolah dan Pondok Pesantren dan menganalisa data-data yang dibutuhkan untuk mengembangkan sistem tersebut, khususnya pada pendataan dan pengelolaan administrasi santri. Setelah menganalisa, langkah selanjutnya adalah mengumpulkan data-data dan informasi yang dibutuhkan untuk dijadikan sebagai input dari sistem infomasi pendataan dan pengelolaan administrasi santri di Pondok Pesantren.

Pelaksanaan proyek ini akan dilanjutkan dengan menyiapkan alat-alat ataupun komponen-komponen yang dibutuhkan untuk mengembangkan system, kemudian mengimplementasikannya. Proyek ini akan membangun suatu sistem informasi untuk mendukung jalannya penngelolaan administrasi santri. Proyek ini diharapkan akan menghasilkan:

a.  Sistem informasi yang dapat digunakan Pondok Pesantren yang dapat mendukung kinerja dari Pondok Pesantren, khususnya dalam pendataan dan pengelolaan administrasi santri.

<!–nextpage–>

b.  Pengembangan Sistem Informasi yang sudah ada, sehingga proses pendataan dan pengelolaan administrasi santri di Pondok Pesantren Tersebut menjadi lebih tertib dan terkontrol.

c.  Pengintegrasian proses-proses bisnis yang ada ke dalam suatu sistem informasi di sekolah dan pondok pesantren, sehingga data-data yang ada menjadi lebih terorganisir. Data-data yang dimaksud disini adalah data-data yang berhubungan dengan pendataan administrasi dan pengelolaannya di Pondok Pesantren.

d.  Dan dengan adanya sistem ini mampu memberi kemudahan pula bagi administrator untuk mengetahui data administrasi santri beserta pengelolaannya yang ada di Pondok Pesantren.

Adapun yang kita ingin di akhir Proyek ini adalah:

a)   Sistem yang relevan dan helpful dalam pendataan dan pengelolaan administrasi santri di Pondok Pesantren.

b)   Meningkatkan efisiensi pada tiga aspek terpenting yaitu waktu, uang, dan tenaga.

c)   Dapat mengorganisir pendataan dan pengelolaan administrasi santri di pondok pesantren

d)   Mempermudah dan mempercepat dalam mengatasi kendala beserta pemberian solusinya.

e)   Meningkatkan kinerja dan reabilitas Pondok Pesantren dengan memanfaatkan teknologi informasi yang semakin berkembang.

Proyek dimulai saat transaksi disepakati (Maret 2010) dan berakhir sesuai ketentuan yang ditetapkan (Juli 2010).

2. Keadaan current system
Masalah adalah suatu kondisi yang berpotensi menimbulkan kerugian atau keuntungan jika masalah tersebut ditangani dengan tepat. Alasan dari pembuatan sistem informasi pendataan dan pengelolaan administrasi santri adalah demi memberikan kemudahan-kemudahan bagi Pondok Pesantren. Setelah melakukan analisa mengenai kendala yang ada dalam kegiatan pendataan dan pengelolaan administrasi santri, kami mendapatkan beberapa masalah seperti: 

a.  Banyaknya sarana dan prasarana di Pondok Pesantren, sehingga diperlukan pendataan yang rinci.

b.  Banyaknya informasi atau data-data dalam pendataan administrasi  yang masih disimpan secara manual.

c.  Banyaknya kendala yang membutuhkan pelayanan dan informasi secara cepat.

d.  Data-data yang ada belum terorganisir sehingga memungkinkan terjadinya duplikat data atau data yang tidak tersimpan.

e.  Sumber daya manusia yang kurang memadai, operator belum benar-benar menguasai pemakaian komputer dengan baik, menjadi salah satu kendala utama dalam penggunaan sistem informasi yang terkomputerisasi.

Dan adapun tujuan dari proyek adalah sebagai berikut:

  1. Untuk mempermudah dalam pengelolaan administrasi santri di dalam Pondok Pesantren.
  2. Untuk mendata (mengetahui) data administrasi santri beserta penggunaannya di Pondok Pesantren.
  3. Untuk mengetahui lingkup penggunaanya.
  4. Untuk mengetahui kendala-kendalanya, seperti belum meratanya pengelolaan administrasi, data-data administrasi yang belum relevan.
3. Lingkup Proyek
Ruang lingkup dari sistem yang kami kembangkan ini meliputi: 

  1. Pendataan jumlah santri yang ada di pondok pesantren.
  2. Instansi penyedia fasilitas kamar
  3. Dan lain-lain.

Perihal Sang Pencerah Jiwa
lagi belajar cara hosting yang seru...

One Response to PROBLEM STATEMENT (contoh)

  1. I’ve been exploring for a little for any high-quality articles or blog posts on this sort of space . Exploring in Yahoo I finally stumbled upon this site. Studying this info So i am happy to convey that I have a very just right uncanny feeling I came upon exactly what I needed. I so much certainly will make sure to do not put out of your mind this site and provides it a glance regularly.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: