Yang Penting dalam Sebuah Blog

Blog kini kian diminati oleh berbagai kalangan. Kita patut bersyukur atas maraknya budaya blog terutama di masyarakat kita. Hal ini menunjukkan semakin meningkatnya semangat masyarakat kita untuk menyatakan pendapat dan pemikirannya, serta membagikannya kepada orang lain.

Namun begitu, ada beberapa hal yang harus tetap diperhatikan dalam membangun satu situs blog, terlebih jika blog tersebut bersifat perorangan. Ada beberapa hal dasar yang harus dipikirkan seseorang agar blog yang dibangunnya dapat berkembang, sehingga tidak selamanya menjadi ‘blog pribadi’ alias benar-benar hanya dinikmati seorang diri tanpa pengunjung.

Beberapa pertimbangan tersebut antara lain adalah :

  • Fokus dari blog yang akan dibangun. Walaupun dalam sebuah blog kita bebas menuliskan dan memaparkan apapun yang kita mau, namun ada baiknya untuk membuat suatu fokus atau tema tertentu dalam suatu blog. Kalaupun ingin menuliskan beberapa hal di berbagai bidang sekaligus, ada baiknya jika membaginya dalam beberapa kelompok kategori. Karena akan sangat aneh jika ulasan tentang released suatu produk hardware terbaru akan disusul dengan masalah pertahanan keamanan negara. Hal ini tentu saja akan membuat pengunjung bingung dan akhirnya akan malas datang lagi ke blog kita.
  • Gaya penulisan dan penyajian. Seperti halnya media massa pada umumnya, disadari atau tidak, penyajian dan gaya penulisan seseorang dalam menulis di blog-nya akan sangat berpengaruh pada minat pembaca. Seseorang yang mampu menuangkan pemikirannya dalam gaya penulisan yang menarik dan mudah diikuti, akan membuat para pengunjung betah dan selalu kembali lagi untuk membaca tulisan-tulisannya dan juga bertukar pikiran dengannya.
  • Desain interface. Secara naluri, manusia akan cepat tertarik pada segala sesuatu yang menarik visualisasinya. Hal inilah yang menjadikan alasan mengapa sebuah blog juga harus mempunyai desain interface (antar muka) yang menarik, karena secara spontan pengunjung akan tertarik secara visualisasi terlebih dahulu sebelum akhirnya kemudian ia memutuskan untuk membaca atau menjelajah, ataupun bergabung dengan sebuah situs blog.

Satu hal lagi yang mungkin selama ini tidak terlalu dipedulikan oleh para blogger, yaitu tentang hosting. Bagi mereka yang membuat blog hanya untuk skala kepentingan non-profesional atau iseng, memakai hosting gratisan seperti WordPress atau Blogger mungkin tidak akan menjadi masalah. Namun bagi Anda yang membangun blog untuk tujuan profesional, sebaiknya mulai memikirkan masalah hosting ini. Pikirkanlah batasan-batasan yang ditetapkan pihak hosting, apakah akan merugikan Anda di masa yang akan datang? Karena hosting gratis pastilah mempunyai banyak pembatasan hak bagi para pengikutnya. Pikirkan juga tingkat profesionalisme hosting, karena akan sangat membahayakan jika suatu saat hosting yang Anda pakai mendadak gulung tikar, terlebih jika blog yang Anda bangun untuk tujuan komersil. Walaupun mungkin Anda dapat segera berpindah tempat, namun ada konsekwensi yang harus ditanggung berkaitan dengan pemeringkatan sebuah situs di mata Search Engine.

Perihal Sang Pencerah Jiwa
lagi belajar cara hosting yang seru...

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: